Mencelos

Iya, mencelos. Artikel ini untuk membahas sebuah kata.

Baru saja saya googling arti dari kata mencelos di KBBI, yang membuat saya terkejut. Kata mencelos tidak ada dalam KBBI. Iya! Tidak ada. Saya menduga kata mencelos ini berasal dari asal kata celos, yang ternyata menurut KBBI itu sama dengan celus. Celus ini sendiri menurut KBBI artinya seperti lolos ke lubang. Arti ini jelas beda dengan yang saya masuk.

Untuk yang belum tahu, kata mencelos jika dihubungkan dengan perasaan maknanya adalah “seperti galau”. Lebih gampangnya jika diilustrasikan:

Hatinya mencelos setelah mendengar kabar bahwa suaminya hilang di laut.

Hatinya mencelos melihat istrinya selingkuh dengan pria lain.

Ya seperti itu lah. Bukan galau juga, bukan juga terkejut, atau shock. Kalau dalam bahasa Inggris, mungkin mirip-mirip sorrow. Pokoknya persaan yang saking sedihnya, hati merasa kosong, ingin menangis tapi tidak sanggup saking kagetnya. Yah seperti itu. Jadi kayak tiba-tiba “deg” gitu, terus dalam hati bilang “astaghfirullah” atau “oh my god”, yang seperti itu rasanya.

Jadi, entah darimana saya dapat kata mencelos ini. Mungkin dari novel-novel jadul atau sastra klasik. Tapi saya tidak ingat. Karena kegalauan seperti ini biasanya memang hanya ada di novel-novel lama. Tapi setelah googling, ternyata banyak juga yang tahu istilah tersebut namun tidak ada di KBBI, jadi saya pikir ternyata kata ini sudah umum, tp tidak umum lagi. Aaargh, apalah ini saya berucap.

Sebagai catatan, novel-novel lama/sastra klasik lama memang banyak menceritakan kegalauan tingkat tinggi. Bahasanya juga sangat ekspresif. Memang kalau didenger dengan telinga sekarang terasa aneh. Tapi tetap menggelitik, dan unik. Mungkin salah satu daya tariknya di situ, yang membuat saya ingin membaca karya-karya lama adalah gaya bahasa dan keindahan sastranya.

3 thoughts on “Mencelos

Leave a Reply

