Beasiswa Tak Terduga

Saya senyum-senyum sendiri sewaktu membaca draft tulisan ini yang sudah hampir setahun namun belum dipublish hingga sekarang. Awalnya saya ragu akan memasang cerita ini di blog atau tidak, karena terlalu banyak sentimen personal di dalamnya. Tp, yah, whatever, dipublish saja deh. Pertama kali membaca judul post ini, pembaca bisa langsung tahu arah tulisan ini akan kemana. Ya, saya akan menceritakan tentang pengalaman saya yang secara tidak terduga mendapat bantuan beasiswa untuk kuliah.
Cerita ini berawal di tahun ketiga saya.

Selama masa kuliah, saya mengandalkan beasiswa dari pemerintah daerah kabupaten saya, yaitu kabupaten Indramayu. Pemda dengan murah hati memberikan beasiswa pada saya dan rekan-rekan saya yang kuliah di ITB ini. Namun, pada suatu saat, pencairan beasiswa tersebut agak terhambat. Padahal uang tersebut sedang saya perlukan untuk membayar biaya pendidikan semester.

Bapak dan ibu saya bekerja sebagai guru di SMP Negeri. Saya punya 3 orang adik. Pendapatan orang tua saya sebenarnya cukup untuk membiayai keempat anaknya. Namun, pada saat itu keluarga kami sedang ada masalah ekonomi. Ya, anggap sajalah itu musibah atau cobaan yang tidak perlu dijelaskan lebih lanjut. Yang jelas, saat itu saya bingung mau bayar biaya kuliah dengan cara apa. Selain itu, adik saya pun kuliah di UPI, dan satu lagi di SMA yang juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mencari beasiswa, agar beban orang tua agak berkurang.

Nah, saya pun mulai mencari-cari info beasiswa di ITB. Awalnya, saya berusaha mengurus beasiswa PPA. Namun, akhirnya tidak dapat. Karena memang ternyata sudah melewati waktu pengajuan. Entah bagaimana ceritanya, saya juga tidak tahu. Tiba-tiba saya dihubungi teman saya, dan tiba-tiba saya ditawarkan beasiswa dari alumni IF. Kadang-kadang hidup memang aneh, ya? Kita nyoba nyari rejeki kemana, eh malah dapatnya dari yang mana. Jadilah saya ikut wawancara dengan teman saya yang juga menerima beasiswa tersebut. Alhamdulillah, akhirnya biaya kuliah bisa dibayar. Yeah, akhirnya…

Beasiswa ALIF 1K membuat saya penasaran dan sedikit mencari tahu darimana sih, beasiswa tersebut berasal. Karena, (mungkin emang gara-gara saya ga banyak gaul kali ya, tapi punya temen baik semua) saya ga tahu sama sekali ada info kayak gini. Kalo ditanya, “Eh, cuy. Gimana sih caranya dapet Beasiswa ALIF?” Saya hanya bisa jawab, “Waduh gan, ga tau nih. Bukan ane yang nyari beasiswa soalnya. Malah ane yang dicari sama panitia beasiswanya.” Hahaha. Ya itu sekedar joke. Sebenarnya, kita bisa langsung tanya sama temen-temen kita sendiri di IF/STI atau temen-temen himpunan, kok. Percaya deh, rejeki udah ada yang ngatur, kita tinggal jemput.

Satu lagi yang menarik, 1K dari ALIF 1K, saya dengar berasal dari misi menyisihkan Rp 1000 per hari oleh alumni untuk dikumpulkan menjadi dana beasiswa. Jadi, dalam satu tahun, tiap alumni dapat menyumbang sebanyak 365 ribu rupiah. Mungkin angka tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan gaji alumni kita yang kerjanya entah dimana-mana, di google, di perusahaan tambang, dll. Tapi angka tersebut dikumpulkan menjadi satu, bisa digunakan untuk membantu penerus kita yang membutuhkan. Sekarang saya sudah lulus, dan karena terkesan dengan beasiswa tersebut. Saya juga ikut menyisihkan uang. Yuk, para alumni lain juga ikutan. Siapa tahu kan ada yang kelebihan uang. Lumayanlah, buat investasi pembangunan jangka panjang atau amal akhirat. Hahaha.

Saya sendiri merasa sangat berterima kasih kepada pengurus beasiswa ini. Baik yang menyisihkan uangnya, waktunya, tenaganya, maupun pikirannya demi berjalannya program beasiswa ini. Terima kasih, dan percayalah apa yang telah kalian lakukan benar-benar mendatangkan manfaat. Sekali lagi, terima kasih.

Leave a Reply

