Jika semua mobil dikendarai otomatis

Entah ini ide darimana, saya mendadak membayangkan keadaan suatu kota yang semua mobilnya bergerak otomatis. Ide seperti ini memang sudah tidak baru lagi, dan sudah pernah di-ide-kan di film. Hanya saja, saya jadi terpikir untuk mempertimbangkan “Bagaimana hal seperti itu secara teknis mungkin untuk dilakukan?”.

Ada pepatah yang berbunyi, “Jika kamu hanya memegang palu, bisa saja semua masalah kamu lihat sebagai paku.”. Maksud pepatah ini sih, kalau kita hanya punya satu solusi yang dikuasai saja, semua masalah terlihat memiliki solusi yang sama. Semua benda diseolah-olah dapat dipalu… Yah, padahal ga semua benda bisa. Lalu, kenapa kita membicarakan palu? Saya hanya ingin mengilustrasikan, karena pengetahuan saya terbatas, saya hanya memikirkan hal teknis tersebut dari bidang keilmuan saya saja: Informatika.

Sekarang, zaman sudah canggih. Komputer desktop aja udah punya multicore. Perkembangan keilmuan computer vision sudah sangat pesat. Jadi mungkin saja dibuat Artificial Intelligence (AI)  yang dapat menyetir mobil (dan hal ini sepertinya pernah saya dengar entah dimana). Namun, bayangkan jika semua mobil punya otak sendiri. Mereka akan bergerak sesuai asumsi mereka sendiri. Tidak ada koordinasi antar mobil. Bisa saja dua mobil bergerak ke arah yang sama. Yah, contohnya, manusia saja bisa kalo jalan berlawanan terus ketemu di tengah terus kagok dan bergerak ke arah yang sama. Jadi, solusi ini sepertinya kurang cocok.

Oke, sekarang kita coba cari solusi lain. Bagaimana kalau semua posisi mobil, orientasi, dan kecepatannya dapat diketahui? Bagaimana kalau semua data tersebut tersimpan dalam suatu server, sehingga semua mobil dapat mengakses data posisi mobil yang lain? Jadi semua mobil terkoordinasi dan dapat bergerak dengan aman?

Iya sih, semua mobil bisa terkoordinasi. Tapi malah muncul masalah lain. Apakah data mobil tersebut termasuk data pribadi? Boleh ga sih, tahu posisi mobil lain? Gimana kalo kita bisa tahu mobil presiden? Gimana kalo server-nya di-hack? Gimana kalo server-nya down? mobil-mobil down juga dong? Kalau ada mobil yang tidak terdaftar di server? Wah, malah jadi lebih banyak masalah.

Jadi sebenarnya mungkin ga sih, semua mobil dikendarai otomatis? Apakah perlu dibuatkan jalur khusus? Kayak busway gitu? Atau kendaraan umum saja yang dikendarai otomatis? Biar lebih efektif dan efisien gitu? Aaaakh… kenapa juga sih banyak mobil di Indonesia? Udah jalannya sempit, berlubang lagi… Kok malah jadi ngeluh?

Makin lama berpikir, saya malah makin kagum dengan cara kerja otak. Otak manusia ga ada koneksi fisik dengan otak lain, tapi bisa saling koordinasi. Kita punya mata yang menghasilkan citra, tapi otak bisa kenal mana mobil, mana jalan, mana orang yang diam, berapa kecepatan mobil, kapan kita harus ngerem, kapan kita harus belok, seberapa jauh setir harus diputar, berapa kecepatan kita, dan masih banyak lagi. Padahal itu semua dari citra doang. Kita belajar itu darimana???? Makin lama makin ga masuk akal kalau kumpulan dendrit biologis tersebut bisa mikir tiba-tiba tanpa ada yang mengatur.

Masih banyak yang tidak kita mengerti, tapi semakin kita memahami suatu masalah, semakin tidak mengerti pula kita mengapa hal tersebut bisa terjadi. Semakin paham kita, malah membuat kita semakin ragu, sebenarnya apa sih yang kita tahu? Sejauh apa kita paham? Halah… kenapa omongannya jadi filosofis gini sih…

Jadi sebenarnya mobil bisa dikendarai otomatis ga sih? Kalau bisa kan enak, manusia tinggal duduk, terus sampai deh ke tujuan. Eh, loh, bukannya naik angkot juga sama aja ya? Iya juga sih… emang kalo ada kendaraan umum itu lebih baik. Tapi entah kenapa saya malah repot-repot ingin mobil yang jalan otomatis? Hahaha… Konklusi tulisan ini apa sih? Ga jelas banget… Udahlah, lebih baik para pembaca kembali ke kehidupan masing-masing. Maaf sudah membuang waktu Anda untuk baca hal yang ga mutu seperti ini. Hahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s