Library.nu ditutup…

Hari ini saya sangat down…

Sangat down…

Sudah lama saya tidak menulis di blog ini, dan hari ini saya menulis hanya untuk ini saja…

Beberapa menit yang lalu saya berkutat dengan TA saya yang cukup membuat stres. Saya sedanga  berusaha keras membuat desain kode C++ yang bagus menggunakan template metaprogramming. Kebetulan TA saya mengharuskan saya membuat sebuah API (Application Programming Interface). Sementara itu, API yang bagus memiliki struktur kode yang bagus agar mudah dikembangkan. Jadi, kualitas kode adalah faktor yang sangat penting.

Setelah berkutat dengan IDE dan kode yang saya buat sendiri. Ternyata saya masih belum cukup puas dengan kode yang saya buat. Akhirnya saya beralih melakukan pencarian literatur di MSDN. Namun, saya kurang puas karena takutnya artikel tersebut hanya berlaku untuk Visual C++ dan tidak untuk C++ standar. Akhirnya saya beralih mencari literatur dari si pembuat C++ sendiri, Bjarne Stroustrup. Saya mulai dengan mencari bukunya, yaitu C++ Programming Language, yang di-publish Addison Wesley.

Saat mencari buku PDF seperti itu, saya biasa menggunakan library.nu. Namun, saya kaget saat ternyata library.nu tidak bisa dibuka. Saya pikir akses internet sedang kacau, jadi saya menunggu sebentar. Selang satu jam kemudian, saya jadi punya pikiran mengerikan. Jangan-jangan library.nu ditutup? Saya berpikir seperti karena beberapa waktu yang lalu Megaupload ditutup gara-gara masalah SOPA (Stop Online Piracy Act). Saya jadi takut library.nu ditutup karena alasan hak cipta juga.

Kemudian, saya teringat blog dosen saya, Pak Budi di http://rahard.wordpress.com. Dulu beliau pernah menceritakan library.nu di salah satu tulisannya. Saya pun langsung menuju blog tersebut, dan sangat kaget saat melihat tulisan terakhir beliau ternyata mengabarkan kalau library.nu… ditutup… Akh…

Setelah membaca tulisan tersebut, saya benar-benar down… Ini karena buat saya, library.nu merupakan sumber buku yang sangat bagus. Di sana saya bisa mencari referensi buku “beneran” yang tentunya bisa dipercaya menjadi acuan makalah. Sebenarnya saya agak khawatir saat Megaupload ditutup, dan mulai download banyak buku dari situ. Namun, saya tidak menyangka library.nu bakalan ditutup.

Sudahlah… hari ini saya sangat down…

Sangat down…

Kenapa saya down? Saya down karena dihadapkan dengan fakta bahwa informasi itu mahal, dibelenggu undang-undang hak cipta, dan saya miskin…

Apa pendidikan itu hanya untuk orang kaya?

Tahukah kalian kenapa saya ingin kuliah di Informatika?

1. Saya ingin membuat game, menebarkan kesenangan pada orang lain

2. Saya tidak perlu membeli buku, banyak informasi dari internet yang berhubungan dengan sains komputer

3. Dinamika nanoteknologi dan komputer cepat berubah, sehingga tidak cepat membosankan

4. Ada kebebasan untuk mencari, memperoleh, dan berbagi informasi lewat teknologi ini (yang tidak saya temukan di studi teknik lain)

Sigh… We want to be free as in freedom in speech not as in free beers…

11 thoughts on “Library.nu ditutup…

  1. saya mau nangis nih masa’ library.nu ditutup? saya sudah akses berkali2 tetap ga bisa…
    ampun, mana saya ga punya uang banyak buat beli buku referensi atau buku bacaan yang harganya dolar, apalagi di daerah seperti saya yang sangat susah untuk menjangkau buku-buku cetakan luar negri. boro2…
    kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!
    T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s