Kompilasi dan penggunaan FLTK di Visual Studio 2010

Ini sekedar catatan saja soalnya saya jadi capek kalo mesti buka dua solution file terus menerus.

FLTK ato Fast Light Tool Kit adalah salah satu pustaka grafis. Yah, intinya itu. Untuk menggunakan FLTK di visual studio, caranya:

  1. Download source code FLTK di http://www.fltk.org/. Sekarang saya sedang memakai FLTK 1.3.0
  2. Extract ke folder yang diinginkan. Kita panggil folder ini root_fltk.
  3. Yah, programmer open source biasanya baca-baca readme nya dulu sih….
  4. Buka root_fltk\ide\VisualC2010\fltk.sln . Ntar keluar Visual Studio 2010
  5. Build all semua project di solution file tersebut
  6. Cek folder root_fltk\lib . Folder ini berisi semua static library hasil build tadi.
  7. Copy semua file di folder tersebut (kecuali Readme.lib) ke repositori static library visual C++ anda. Dalam kasus saya di : “C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 10.0\VC\lib
  8. Cek folder root_fltk\FL . Folder ini berisi semua include file (*.h)  yang diperlukan untuk menggunakan FLTK.
  9. Copy folder FL tersebut ke repositori include visual C++ anda. Dalam kasus saya di : “C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 10.0\VC\include” . Yang dicopy satu folder FL loh. Jadi nanti semua file .h milik FLTK tercopy di : “C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 10.0\VC\include\FL
Tadi adalah persiapan untuk installasi FLTK ke Visual Studio. Sekarang adalah cara pakainya.
  1. Buka Visual Studio, buat solution file/project baru. Pilih template Empty Project.
  2. Set project propertiesnya. Caranya, klik nama project yang baru dibuat di Solution Explorer lalu tekan Alt+Enter atau klik kanan Properties.
  3. Pada tab C/C++ (kalo tab ini tidak ada, buat file C/C++ baru di project tersebut). Pilih tab Preprocessor, tambahkan preprocessor definition:
    • _CRT_SECURE_NO_DEPRECATE
      WIN32
      _DEBUG
      _WINDOWS
      WIN32_LEAN_AND_MEAN
      VC_EXTRA_LEAN
      WIN32_EXTRA_LEAN
  4. pada tab C\C++ > Code Generation, pastikan opsi Runtime Library : Multi-threaded Debug DLL (/MDd)
  5. pada tab Linker > Input , tambahkan Additional Dependencies :
    • fltkd.lib
      wsock32.lib
      comctl32.lib
      fltkjpegd.lib
      fltkimagesd.lib
  6. tambahkan juga di opsi Ignore Specific Default Libraries :
    • libcd
  7. Klik ok. Anda sudah dapat menggunakan FLTK
Beberapa catatan penting tentang FLTK di Visual Studio:
  1. Header file FLTK bisa diinclude dengan awalan FL. Contohnya <FL/fl_draw.H>
  2. Saya masih belum tahu caranya mengexclude header ga penting…. Misalnya, kalo kita bikin kelas Window, dia masih bentrok sama kelas Window di wingdi.h . Padahal satu file udah pake using namespace tempat Window itu berada. Solusinya, pas deklarasi Window, langsung dari pake nama namespace nya aja. Misalnya : Graph_lib::Window

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s