Hubungan Sosial…

Wah, hari ini makalah kripto saya sudah dikumpulkan. Rasanya capek juga mengerjakan makalah tersebut. Sebenarnya, bikin makalah itu menurut saya capeknya bukan saat nulis, tapi saat membaca makalah milik orang lain. Berbagai macam istilah dipaksa masuk ke otak satu persatu. Kali ini saya ingin mengajak pembaca untuk melihat kriptografi dari sudut pandang berbeda. Apa sih kriptografi itu? Pendek kata, kriptografi adalah sebuah cabang ilmu yang mengkaji tentang tata cara menyembunyikan pesan dan mengambil pesan yang disembunyikan tersebut. Bedanya dengan kriptanalisis, kalo kriptografi dilakukan secara legal, tapi kriptanalisis dilakukan secara illegal/secara paksa. Yah, gitulah kira-kira, kalo salah, saya mohon maaf.

Tapi sebenarnya, kenapa sih kriptografi ini harus muncul? Segitu pentingnyakah kita harus menyembunyikan pesan dari orang lain yang tidak berkepentingan? Tentunya jika semua orang di dunia jujur dan bertanggung jawab, cabang ilmu ini tidak perlu ada. Sama halnya dengan perang. Perang tidak perlu ada jika semua orang bisa saling bekerja sama dan percaya. Hanya saja, seperti yang kita tahu, dunia ini tidak semulus dan seideal itu. Maka, akibatnya berbagai cabang ilmu muncul. Ilmu perang, ilmu kriptografi, ilmu fisika, matematika, dan sebagainya.

Terkadang ilmu atau penemuan tersebut muncul dengan maksud dan tujuan yang baik, tapi tetap saja seperti halnya semua ilmu, ilmu dapat disalahgunakan. Ilmu itu sendiri sebenarnya ga salah, yang salah hanya cara pakainya. Sama seperti api. Api itu ga salah, tapi bisa dipake buat bunuh orang. Selama ini saya selalu berpikir, ilmu itu berkembang hanya karena kita sebagai manusia selalu merasa tidak pernah puas. Tidak puas berjalan, lantas membuat kendaraan menggunakan hewan. Tidak puas lagi, akhirnya bikin mobil. Tidak puas lagi, akhirnya bikin pesawat. Begitu seterusnya hingga mencapai angkasa luar. Manusia begitu tidak puasnya hingga selalu mencari yang lebih, bahkan lebih jauh dari hubungan antar manusia itu sendiri. Saya pun dengan malunya, mengakui bahwa saya termasuk orang seperti itu.

Kriptografi telah membuat manusia aman dan pandai menjaga privasi. Namun, pada saat yang sama, kriptografi juga ikut andil atas perang yang sudah terjadi yang merusak privasi orang lain. Dia sudah membuat hubungan antar manusia semakin aman, namun bisa jadi ga aman juga. Bayangin aja kalo teroris punya ahli kriptografi, satu negara (atau dunia) bisa dibikin repot. Sama aja kayak perang dunia jaman dulu.

Oke, bandingkan situasi berikut. Andaikan saya seorang suami, terus saya tentunya punya istri dong… (Ya iyalah….). Terus ilmu kriptografi itu mau kita pakai buat apa????? Nah, saya ajak anda-anda sekalian berimajinasi. Mau dipakai buat apa ilmu tersebut untuk hubungan sosial yang sebenarnya. Apakah dipakai untuk merusak, ataukah untuk membangun? Apakah anda akan menggunakan ilmu kriptografi anda untuk, misalnya, mengirimkan selembar cipherteks kepada selingkuhan anda dengan public key yang sudah anda berikan sebelumnya, agar tidak dicurigai istri anda? Tahu apa sih istri anda tentang RSA? Jangankan istri anda, asalkan bukan komputer kuantum, butuh waktu milyaran tahun untuk memecahkan cipherteks anda. Anda bisa mengirimkan pesan dengan aman pada selingkuhan anda…

Atau, anda akan menggunakan ilmu kriptografi anda untuk, misalnya, mengirimkan dua lembar share kertas transparan dari hasil visual cryptography anda pada istri anda tercinta…. Istri anda tahu apa sih tentang Visual Cryptography? Istri anda ga perlu tahu apa-apa tentang visual cryptography. Istri anda cuma perlu tahu, bahwa kalo dua lembar gambar tersebut ditumpuk, akan muncul tulisan “I Love You”, atau “Aku sayang kamu”, atau “untuk istri tercinta”, atau gambar hati atau apalah, silahkan berimajinasi sendiri….

Bagaimana? Mana yang anda pilih, itu terserah anda. Sayangnya sekarang saya belum punya dua lembar kertas tersebut. Kalo punya tentu akan saya demonstrasikan… pada istri saya tentu saja… hahaha…

Yah, buat pembaca yang budiman, saya kasih contoh aja demonstrasi dari wikipedia berikut. Sisanya, terserah anda…

hahaha…. Imajinasikan saja sendiri…

Contoh visual cryptography

Contoh visual cryptography

Leave a Reply

