Open House Lab Keahlian dan Admin Lab Dasar

Setelah Anis menjalankan skrip bash yang bernama tes3.sh, kontan beberapa komputer di lab dasar 4 langsung “mematikan diri”. Peristiwa itu terrekam dengan indah di webcam milik Sunni. Anak-anak angkatan 2009 pun langsung “agak” heboh melihat komputer di depannya mati sendiri. Kemudian, biar lebih seru, saya tanya mereka.

“Hayo, komputer yang ingin dimatikan, sebutkan IP-nya…”

Kemudian berramai-ramai mereka menyebutkan IP komputer, hingga komputer di labdas mati satu per satu….

———

Hari ini cerah, tidak banyak tugas, kondisi yang lumayan sempurna untuk acara hari ini. Sambil menggerutu sebentar dan meneruskan membuat slide, saya menenggak air putih dingin di cangkir, kemudian saya letakkan lagi ke meja. Sebentar kemudian saya bangun dan menuju dispenser untuk mengisi ulang air di cangkir tersebut. Saya liat Anis masih berkutat dengan IRCServer-nya, entah apa namanya. Saya balik lagi ke depan laptop, dan browsing mencari foto-foto admin. Slide ini masih kekurangan foto. Setengah putus asa, akhirnya saya masukkan foto paman Sam, dan menuliskan kata-kata terakhir di slide, “We want you… (terutama cewek)”.

Sambil menghela nafas, saya lanjutkan browsing untuk menghilangkan kebosanan. Ternyata saya malah dapat web menarik. Coba cek disini: http://www.sysadminday.com/ . Web itu isinya, tentang mempromosikan suatu hari dimana Admin Sistem dan Jaringan di seluruh dunia di-apresiasi, alias System Administrator Apreciation Day. Saya terharu melihat foto-foto di web tersebut. Administrator di luar negeri sudah dianggap seperti pahlawan organisasi mereka. Saya lihat bahkan ada yang memberikan kue… (hmm….). Kalo mau lihat fotonya, silahkan saja cek di webnya.

Kemudian, saya lihat lagi Anis dan saya ajak menonton video-video “penderitaan” admin di negeri seberang sana. Kita tertawa ngakak sampai-sampai Pak Sudi penasaran. Kemudian setelah itu, kami shalat di Salman. Sehabis shalat, Anis mengajukan rencana B, yaitu mematikan komputer di lab dasar 4, dan memperlihatkan event-nya lewat webcam.

Setelah itu, kami langsung praktikkan plan B tersebut. Si Anis mencari skrip untuk otomasi mematikan Linux menggunakan SSH. Setelah dapat dan trouble-shooting sebentar, akhirnya skripnya jadi. Tugas yang tersisa adalah memasang Webcam dan mencatat IP komputer yang akan dimatikan. Setelah dengan susah payah menyeret meja-meja, akhirnya laptop saya berhasil kami letakkan ke tempat yang cukup tinggi, agar webcamnya bisa melihat komputer-komputer labdas 4 yang menyala. Komputer-komputer labdas 4 kami nyalakan dan kami tahan agar tetap menyala dengan mematikan fitur screensaver dan power management. Kami pasang proyektor di meja depan.

Setelah siap, kami pun mencoba remote desktop ke laptop saya (yang diletakkan di atas). Namun malangnya, karena laptop saya Windows Vista Home Basic, fitur remote desktop tidak bisa diaktifkan. Jadi kita butuh laptop lain, agar pemandangan yang dilihat webcam, bisa dilihat di ruang 7602. Dengan agak putus asa, kami beranjak untuk shalat maghrib dulu. Setelah bertanya pada Irul, akhirnya kami tahu bahwa presentasi Admin dimulai jam 19.50. Untungnya, masih banyak waktu. Kami segera ke Lab IRK dan kebetulan bertemu Sunni. Selesai shalat maghrib, kami pinjam laptop Sunni (bahkan Sunni menginstalkan driver webcamnya juga, wow… baik sekali…). Laptop dia kami “culik” untuk menggantikan peran laptop saya untuk melihat komputer labdas 4 dari atas.

Setelah shalat maghrib, Ghufron dan Rizky Adrian datang. Sambil bertanya-tanya tentang slide, dan apa yang didemokan oleh admin, kami menyiapkan ulang labdas 4. Namun sayangnya, ternyata masalah belum selesai. Hasil webcam tersebut hanya bisa dilihat jika komputer Sunni dan komputer yang mau melakukan remote-desktop sama-sama menggunakan kabel LAN. Dengan putus asa, akhirnya kami memutuskan untuk hanya presentasi saja.

Yah, akhirnya tibalah pada acara yang sudah dinanti seharian ini. Open House Lab Keahlian dan Admin Lab Dasar sudah dimulai, saat saya mengintip ke ruangan 7602. Saat itu, Lab Programming sedang mendapat jatah presentasi. Lab mereka mempertontonkan rekaman video yang sudah mereka buat. Rekaman videonya sangat lucu, saya sampai tidak kuat menahan tawa. Namun saya sedih juga karena, nantinya admin tidak bisa memberikan yang lebih baik dari ini.

Saat tiba giliran kami presentasi, kami masuk ke dalam dan setelah basa-basi sebentar, Ghufron pun melakukan presentasi menggunakan slide yang tadi kubuat. Di akhir acara presentasi, kami mengajak peserta Open House yang berminat untuk datang ke labdas 4 selesai acara Open House, untuk melihat demonstrasi kami mematikan komputer secara remote.

Usai giliran kami, saya langsung ke duktek. Ternyata Miranti sudah datang dan baru selesai latihan untuk konser. Sambil menghilangkan rasa bosan, saya pinjam violin yang dibawanya dan mencoba-coba menggesek violin tersebut dan membunyikan nada-nada aneh yang tidak enak didengar. Setelah Miranti menjelaskan panjang lebar tentang cara memakai violin (namanya bener ga ya?) tersebut. Saya lihat di luar ternyata lumayan banyak juga anak-anak 2009 (peserta Open House) yang ingin menonton demonstrasi kami di labdas 4.

Akhirnya saya, Miranti, Anis, Ghufron, dan Rizky Adrian (oh dan juga Sunni yang mau mengambil laptop) kumpul di labdas 4. Kami persilahkan mereka duduk di depan komputer masing-masing. Sebelum demo dimulai, Rizky menjelaskan bahwa kami akan mematikan komputer secara remote, dan jika dilihat dari webcam (komputer Sunni yang tadi dipasang), komputer yang tidak mati akan membentuk tulisan IF. Setelah itu Anis langsung bersiap menjalankan skrip yang bernama tes3.sh

Setelah Anis menjalankan skrip bash yang bernama tes3.sh, kontan beberapa komputer di lab dasar 4 langsung “mematikan diri”. Peristiwa itu terrekam dengan indah di webcam milik Sunni. Anak-anak angkatan 2009 pun langsung “agak” heboh melihat komputer di depannya mati sendiri. Kemudian, biar lebih seru, saya tanya mereka.

“Hayo, komputer yang ingin dimatikan, sebutkan IP-nya…”

Kemudian berramai-ramai mereka menyebutkan IP komputer, hingga komputer di labdas mati satu per satu….

————–

Usai demonstrasi yang cukup menarik tadi. Angkatan 2009 yang tadi menonton pulang (beserta Sunni). Entah, demo tadi terkesan menarik untuk mereka atau tidak, yang pasti acara tadi sangat berkesan buat saya. Saya cukup bersyukur Admin masih bisa memberikan demo yang cukup menarik dan tidak kalah dengan Lab Keahlian lain di acara Open House tadi. Meskipun tujuan utama diadakannya acara Open House tadi untuk menarik minat dan menjelaskan tentang Lab Keahlian dan Admin Lab Dasar ke Angkatan 2009, namun secara pribadi saya sendiri ingin menunjukkan bahwa dimanapun nanti kalian berada, buatlah tempat tersebut senyaman mungkin. Ikut jadi Admin atau direkrut Lab Keahlian, jalanilah pilihan Anda dengan sungguh-sungguh, karena kami memang butuh kalian dan sungguh-sungguh ingin membuat kalian merasa tertarik…

Yah, selesai acara itupun saya langsung beli makan, karena lapar banget…

Leave a Reply

