Setelah Sekian Lama

Akhirnya, setelah bulan November, saya bisa posting lagi. Wow, sudah lama sekali ya? Hmm, memang sulit buat saya untuk tetap menulis. Entah karena tidak ada koneksi internet ataupun tidak waktu untuk menulis (karena terlalu banyak tugas besar waktu itu) ataupun tidak punya niatan. Apapun itu, akhirnya saya sudah menulis lagi.

Selama hampir 4 bulan ini, sudah banyak yang saya alami. Bahkan ini sudah ganti semester, ya? Mestinya banyak cerita-cerita seru yang terjadi. Yah, setelah sekian lamanya tentunya kita mengalami banyak hal dan untuk orang seperti saya, kalo cerita itu tidak ditulis, ya kita akan lupa.

Kebetulan sekali sekarang saya sedang berada di rumah teman saya di Cimahi. Karena ada koneksi Sp**dy, saya jadi tergoda untuk bikin weblog lagi. Semestinya sekarang sedang badai tubes (tugas besar) buat teman-teman saya yang lain. Saya pun ke Cimahi dengan tujuan menemani teman saya, Anis, untuk mengerjakan tubes ProgIn (Pemrograman Internet). Kami berdua berangkat ke rumah Rizky (teman sekelompok Anis) di Cimahi.

Sekarang si Anis sedang mengerjakan tugas Kriptografi sambil chat jarak jauh dengan teman kelompok Kriptografinya, si Alwi. Sementara si Rizky si empunya rumah sedang tidur sehabis shalat shubuh. Saya sendiri, malah ngeblog ga jelas. Ya sudah, untuk sekarang mari kita berpindah fokus lagi Anis. Si Anis sekarang sedang mengetik menggunakan keyboard USB yang dicolok ke laptopnya dan menggunakan layar monitor PC milik Rizky yang dicolok ke laptopnya (juga). Loh, kenapa ga pake laptop aja? hehe… Sebenarnya ini ada ceritanya…

Jadi, kemarin saat sedang nubes, layar LCD laptop si Anis tiba-tiba mati begitu saja. Untung saja, laptop itu biasanya memiliki ekstensi kabel RGB untuk disambungkan ke layar monitor lain (atau proyektor), jadi dia masih bisa ngoding. Masalahnya, dia merasa risih untuk ngoding pake keyboard laptop. Ya iyalah, masa ngetiknya disamping kanan terus monitornya di sebelah kiri? Kan ga asik. Jadi, setelah kemarin dia muter-muter di Duktek (ruang teknisi Lab Dasar), akhirnya dia dapet juga keyboard dengan konektor USB. Rupanya, di Duktek dan Lab Dasar, keyboard yang digunakan itu banyak yang konektornya masih PS/2. PS/2 itu jenis colokan keyboard dan mouse yang desainnya mirip tapi biasanya warnanya dibedakan (biar orang awam ga salah colok ke pc). Biasanya warna colokan keyboard agak ungu dan mouse agak hijau. Nah, karena kejadian itu, saya baru sadar kalo ternyata keyboard masih mayoritas menggunakan PS/2 padahal mouse sudah banyak beralih ke konektor USB. Loh kok kita jadi ngomongin PS/2? Ya udahlah, sekarang kan jadi tau yang mana PS/2 untuk mouse dan yang mana untuk keyboard. Paling tidak pembaca dapat pengetahuan baru.

Konektor PS/2 bisa dibilang termasuk konektor Legacy, alias udah jadul banget. Seperti apa sih bentuknya? Berikut saya comot langsung aja dari Wikipedia:

Colokan PS/2

gambar 1

Meskipun legacy tapi bentuk portnya lucu, ya? Di bagian tengah colokan portnya ada bagian yang cekung ke dalam. Nah itu tujuannya biar colokannya bisa nempel dan ga goyang. PS/2 masih banyak disediakan motherboard PC (coba aja liat bagian belakang PC anda), meskipun teknologi USB sudah umum digunakan. Namun sebenarnya PS/2 dan USB memiliki beberapa perbedaan yang penting. Perbedaan yang paling kentara adalah, colokan PS/2 tidak bisa Hot-swapping, atau istilah kerennya, Plug-n-play. Jadi kalau komputer anda sudah menyala, kemudian anda mencoba mencolok keyboard baru atau mouse baru, ya ga akan jalan. Selain itu, sebenarnya microcontroller motherboardnya bisa rusak kalo sering dihotswap, soalnya microcontroller lama kurang robust. Meskipun tidak didesain untuk hotswapping, namun OS sekarang sudah cukup canggih sehingga kadang konektor ini juga bisa dihotswap jika keyboard atau mouse yang digantikan cukup mirip (dalemannya).

Oya, meskipun bentuknya mirip, tapi jangan sampai salah colok ya. Dulu saya punya teman yang mengeluh keyboardnya rusak, padahal cuma salah colok saja. Hehehe…

4 thoughts on “Setelah Sekian Lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s