Installasi Service di Fedora

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan Linux mungkin informasi berikut akan sangat berguna. Berikut adalah contoh tahapan installasi service di Fedora. Fedora menggunakan yum, yaitu sebuah software package manager yang digunakan untuk menginstall service yang Anda inginkan. Saya akan mencontohkan penginstallan tiga service yang dibutuhkan untuk membuat sebuah webserver, yaitu service Apache, PHP, MySQL, dan Postgre.

Apache adalah service yang digunakan untuk membuat suatu webserver. PHP adalah service yang digunakan untuk membuat webserver yang dynamic. Sedangkan MySQL dan Postgre, keduanya adalah service yang digunakan sebagai pengelola database SQL.

Langkah awal, Anda harus membuka terminal dan mengetikkan sintaks yum yang diinginkan. Jika membutuhkan manual untuk yum, Anda dapat mengetikkan:

man yum

Kita akan coba menginstall Apache (httpd), PHP, dan MySQL sekaligus komponen yang menyambungkan PHP dan MySQL. Anda dapat mengetikkan:

yum -y install httpd php mysql mysql-server php-mysql

Penjelasannya sebagai berikut:

Setelah mengetikkan yum -y install, Anda berikan service yang diinginkan sebagai argumen yaitu : httpd (untuk Apache), php (untuk PHP), mysql (untuk MySQL client), mysql-server (untuk MySQL server) dan php-mysql (untuk komponen yang menyambungkan PHP dan MySQL).

Sederhana, bukan? Anda telah menginstall 5 service di Fedora. Sebagai catatan, jika Anda ingin menambahkan SQL service yang lain, misalnya Postgre, Anda dapat mengetikkan:

yum -y install postgresql postgresql-server php-pgsql

Dengan asumsi, PHP dan Apache sudah diinstall sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s